21

Cara Mempercepat Kerja Browser (Mozilla, Opera, Chrome, Safari)

May
No Comments |  Posted by admin |  Category:SAMZsays

# Browser Mozilla,

1. Aktifkan Pipelining
Biasanya browser bekerja dengan mengirimkan permintaan kepada server dan menunggu respon sebelum melanjutkan proses. Pipelining adalah sebuah teknik lebih agresif yang memungkinkan browser untuk mengirimkan beberapa permintaan sekaligus sebelum menerima respon apapun untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh isi halaman. Untuk mengaktifkan fungsi ini ketik “about:config” pada kotak alamat, klik-ganda pada “network.http.pipelining” dan “network.http.proxy.pipelining” agar nilainya berubah menjadi “true” kemudian klik-ganda pada “network.http.pipelining.maxrequest” dan jadikan nilainya “8″.
2. Render dengan Cepat
Situs yang besar dan rumit bisa memakan waktu untuk diunduh. Firefox tidak ingin membuat Anda menunggu, jadi dengan pengaturan standar Firefox akan langsung menampilkan apa yang ia terima setiap 0,12 detik. Walaupun hal ini membuat browser terkesan lebih cepat, rendering ulang yang dilakukan terus menerus meningkatkan waktu total yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman, kita dapat mengurangi jumlah rendering ulang untuk meningkatkan kinerja.
Ketik “about:config” dan tekan [ENTER], kemudian klik kanan pada tampilan utama dan kemudian pilih “New > Integer”. Ketik “content.notify.interval” sebagai nama preferensi Anda, klik “ok”, masukkan “500000″ (500 ribu) dan klik “ok” kembali.
Klik kanan lagi pada tampilandan pilih “New > Boolean”. Kali ini buat nilai disebut “content.notify.ontimer” dan atur menjadi “True” untuk menyelesaikan tugas Anda.
3. Loading Lebih Cepat
Jika Anda tidak menggerakkan tetikus atau menyentuh keyboard selama 0,75 detik, Firefox akan masuk ke dalam mode “low frequency interrupt” yang artinya interface-nya menjadi kurang responsif tetapi bisa me-load halaman lebih cepat.
Ketik “about:config” dan tekan [ENTER], klik kanan pada tampilan dan pilih “New > Integer”. Ketik “content.switch.threshold”, klik “ok”, masukkan “250000″ (seperempat detik) dan klik “ok” untuk menyelesaikan.
4. Tidak Ada Interupsi
Anda bisa melakukan langkah lebih jauh dengan memberitahu Firefox untuk sama sekali mengabaikan user interface events sampai halaman selesai diunduh. Memang cara ini agak ekstrim karena Firefox bisa menjadi tidak responsif selama beberapa waktu, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba apakah efeknya positif untuk Anda.
Ketik “about:config”, tekan [ENTER] dan klik kanan, pilih “New > Boolean”. Ketik “content.interrupt.parsing”, klik “ok”, atur nilainya menjadi “False” dan klik “ok”.
5. Tingkatkan Ukuran Cache
Ketika berselancar Firefox akan menyimpan gambar dan skrip pada memory cache lokal di mana Anda bisa mempercepat pengambilan data jika mengunjungi situs yang sama kembali. Jika Anda memiliki RAM yang besar (2GB atau lebih), biarkan Firefox berjalan lebih lama sehingga mengunjungi kembali halaman-halaman situs akan lebih cepat, terutama dengan cache yang besar.
Ketik “about:config” dan tekan [ENTER], kemudian klik kanan dan pilih “New > Integer”. Ketik “browser.cache.memory.capacity”, klik “ok”, masukkan “65536″ dan klik “ok”, kemudian “restart” browser untuk mendapatkan cache yang baru dan lebih besar.
6. Aktifkan TraceMonkey
TraceMonkey adalah engine Javascript baru dari Mozilla yang super cepat, dalam beberapa benchmark bahkan mencetak nilai 40x lebih besar dibandingkan versi saat ini. Tracemonkey mungkin saat ini memang dalam tahap pengembangan dan masih sedikit buggy, tetapi jika Anda berkeberatan menggunakan perangkat lunak dalam tahap pengembangan, dapatkan nightly build terbaru dari (ftp://ftp.mozilla.org/pub/firefox/nightly/latest-trunk/). Versi beta pertama Firefox 3.1 juga dijadwalkan untuk dikeluarkan bulan ini juga.
Ketik “about:config” pada kotak alamat dan tekan [ENTER]. Ketik “JIT” pada kotak filter, lalu klik ganda “javascript.options.jit.chrome” dan “javascript.options.jit.content” untuk mengubah nilainya menjadi “true”. Selamat!, kini Anda telah menggunakan engine Javascript mutakhir Firefox.
7. Kompres Data
Jika Anda memiliki koneksi internet lambat, mungkin Anda merasa bahwa Firefox tidak berkinerja baik. Itu tidak sepenuhnya benar! Instalasikan toonel.net dan aplikasi Java ini akan mengambil alih trafik internet Anda melalui server-nya sendiri. Semua data yang melalui server Toonel lalu dikompres sehingga data yang perlu diunduh browser lebih sedikit.
Bahkan, Toonel juga bisa mengompres gamar JPEG, tetapi tentunya berdampak pada penurunan kualitas gambar. Tips ini berguna untuk memangkas jumlah data yang dikirimkan, bermanfaat jika memiliki akun internet yang terbatas per bulan atau saat menggunakan koneksi internet yang lambat seperti GPRS.

Install Add-On penting :
1. Adblock Plus
Untuk blok banner ataupun alert yang dirasa mengganggu aktifitas browsing kita.
2. Faster Fox
Untuk mempercepat kinerja browsing, dan yang paling mantap dari aplikasi ini adalah Auto Loading Next Page.
3. Memory Fox
Untuk membatasi penggunana memory kompie saat kita berselancar dengan mozilla (Mozilla kan dikenal sebagai browser Handal tetapi sangat banyak menggunakan memory saat aplikasi dijalankan!!).
*dan Add-On lainnya, dapat dlihat sendiri sesuai dengan kebutuhan pengguna browser.

# Browser Opera,

1. Buka Browser OPERA anda
2. Pada alamat browser ketikkan opera:config dan kemudian enter
3. Klik Performance
4. Untuk settingan maksimal dari bandwith limit, maka ubah settingan dengan isi berikut:
* Max Connection Server = 10
* Max Connection Total = 64
* Network Buffer Size = 64
* Centang No Connection Keep Alive
* Centang Non-Compliant 100 Server Continue
5. Lalu klik Save, maka akan ada perintah untuk merestart OPERA
6. Tutup OPERA dan buka kembali, rasakan perbedaan speednya!!

# Browser Chrome,

1. Google Chrome Shortcuts

Seperti browser lain, anda juga dapat menggunakan cara pintas (shortcut) pada keyboard untuk menghemat waktu. Gunakan [Ctrl]+[Shift]+[B] untuk selalu menampilkan bookmark bar, [Shift]+[Esc] untuk membuka Chrome’s Task Manager dan [Ctrl]+[J] untuk membuka jendela Download, F11 untuk Full Screen. Pindahkan kursor tanpa menggerakkan mouse Anda dengan menggunakan [Ctrl]+[L] untuk beralih ke address bar dan [Ctrl]+[K] untuk memindahkan kursor ke kotak pencarian. Ada juga jalan pintas untuk mempercepat surfing anda, di antaranya : [Ctrl]+[T] untuk membuka tab baru, [Ctrl]+[N] akan membuka jendela baru, [Ctrl]+[Shift]+[T] pengelolaan bookmark, [Ctrl]+[Tab] kembali ke tab yang terbuka sebelumnya, [Ctrl]+[W] untuk menutup tab saat ini.

2. Pencarian lebih Cepat

Google dengan salah satu produknya “Google Chrome” bertujuan untuk membuat pencarian semudah mungkin. Anda dapat mencari halaman web/konten yang dinginkan dengan hanya mengetikkan sebuah istilah/keyword ke dalam kotak pencarian, atau anda dapat mencari situs tertentu dengan memasukkan domain dan kemudian menekan [Tab]. Anda juga dapat menggunakan kata kunci tertentu untuk melakukan pencarian menggunakan mesin pencari tertentu, caranya klik kanan di address bar dan pilih ‘Edit Mesin Pencari (Edit Search Engines)’ untuk menambah atau menghapus mesin pencari dan menetapkan kata kunci untuk mereka.

3. Customised Home Tab

Seperti Opera, Chrome juga memiliki fitur yang akan menampilkan tab dari situs yang paling sering anda kunjungi ketika anda membuka tab baru. Anda dapat membuat kustomisasi untuk tab-tab tersebut sesuai keinginan anda.

4. Multiple Homepages

Anda mempunyai situs favorit yang dikunjungi setiap harinya? Chrome juga menyediakan fitur untuk membuka situs favorit anda dalam tab tersendiri ketika anda memulai browser. Buka menu Options dan di bawah Basics tab, centang tombol untuk ‘Open the Following pages’ kemudian tambahkan situs mana yang ingin anda buka pada saat startup. Di samping itu anda juga dapat membuka sebuah halaman baru tanpa harus menunggu sampai selesai loading halaman sebelumnya.

5. Easy Downloading

Hampir semua browser mempunyai fasilitas untuk menyimpan file hasil download pada folder tertentu, demikian juga dengan Chrome. Untuk mengubah lokasi default folder penyimpanan hasil download, masuk ke Options, klik pada tab Minor Tweaks dan tetapkan lokasi kustom download baru. Alternatif lainnya anda juga bisa melakukan “drag and drop” lokasi downloads dari status bar langsung ke desktop anda atau jendela Explorer.

6. Install Theme

Antarmuka Chrome memang terkesan sangat minimal, namun anda dapat dengan mudah mengubah tampilan yang sederhana tersebut dengan menggunakan tema pilihan. Klik pada perkakas spanner, pilih ‘Personal options’ kemudian klik ‘Get themes’. Setelah anda menemukan theme yang anda suka, klik ‘Apply theme’.

7. Create Shortcuts

Anda dapat menggunakan Chrome untuk membuat shortcuts di desktop anda untuk aplikasi web favorit Anda seperti Google Mail, Flickr, Twitter dan sebagainya. Kunjungi situs yang anda inginkan untuk dibuatkan shortcutnya, buka menu Page dan pilih ‘Create application shortcuts’, anda akan memiliki pilihan untuk menyimpan shortcut ke desktop, menu Quick Launch bar atau Start menu.

8. Get Chrome Extensions

Seperti Firefox, Chrome juga mendukung penggunaan plug-in, meskipun belum sebanyak plugin/add on untuk Firefox. Cara mengetahui plugin apa saja yang terinstall, ketik about:plugins di address bar. Atau anda bisa mendownload Chrome Extensions (semacam add on) seperti : AdBlock, Proxy Switchy!, Google Mail Checker, Google Dictionary, Google Reader Notifier, Google Translate, FastestChrome.

9.  Explore the Program

Ingin tahu fitur apa saja yang ada di dalam Chrome?  Caranya pada address bar ketik ‘about:’ (tanpa tanda petik) kemudian enter. Anda akan melihat beberapa informasi dasar tentang Chrome, seperti V8 JavaScript Engine (mesin JavaScript yang lebih andal yang dibuat untuk bisa menjalankan aplikasi web yang rumit secara lebih cepat), versi webkit, user agent dan lain-lain. Untuk mengetahui fitur Chrome secara lebih detil tambahkan kode tertentu setelah ‘about’. Contoh about:dns kemudian enter, perintah ini akan memperlihatkan bagaimana fungsi DNS pada browser Chrome.

# Browser Safari,

1. Mempercepat User Interface
Menurunkan penggunaan CPU dengan mematikan beamsync di Terminal tulis :
sudo defaults write /Library/Preferences/com.apple.windowserver Compositor -dict deferredUpdates 0
2. Melewati Verifikasi setiap ME-MOUNT File DMG
Saat ingin me-mount file, selalu ada verifikasi terlebih dahulu.
Bila filenya kecil, akan memakan waktu sebentar, tapi jika filenya besar akan memakan waktu yang lama, untuk melewati nya, di Terminal tulis :
sudo defaults write com.apple.frameworks.diskimages skip-verify true.
3. Mempercepat Safari
Anda ingin membuat browser di Mac tersebut menjadi kira-kira 4 lebih cepat, di Terminal tulis :
sudo defaults write.com.apple.Safari WebKitInitial-TimedLayoutDelay –float 0.
4. Menghilangkan Efek Zoom
Selain mempercepat GUI, menghilangkan efek zoom juga mempercepat performa system. Di Terminal tulis :
sudo defaults write.com.apple.finder ZoomRects –boolean NO.
5. Membersihkan Icon Bookmark Safari
Sama seperti sebelumnya, membersihkan icon safari juga bisa mempercepat performa. Di Terminal tulis :
find $HOME/Library/Safari/Icons –type f atime +30 –name “* .cache” –print.

sumber

Silahkan berkomen ria. You can use a Kaskus emoticon, just click [+] below.

[+] kaskus emoticons nartzco